Lompat ke konten

Menjadikan Jayapura Bersolek Indah, Yayasan As Salaam Dukung Pemkot dalam Gerakan Menanam Sejuta Bunga dan Pohon

Di saat kota mulai hiruk pikuk oleh kesibukan warganya, para pegawai Yayasan As Salaam Jayapura dibantu oleh para siswa dari SMP Islam Terpadu As Salaam tengah berjibaku menyiapkan taman di seberang jalan TKIT Permata Hati dan Kantor Lembaga Amil Zakat (LAZ) As Salaam Jayapura. Dengan mengenakan sejumlah peralatan kebersihan, para pegawai Yayasan As Salaam mulai mencabut rerumputan yang mulai meninggi, menyapu dedaunan kering, dan dilanjutkan dengan menanam puluhan bunga.  

Setalah area taman dibersihkan, puluhan bibit tanaman pucuk merah dan sejumlah bibit palem pun siap ditanam. Karena masih berukuran mini, saat ini tanaman itu belum betul-betul nampak. Namun berbilang hitungan bulan ke depan, tanaman-tanaman ini tentu akan menambah keindahan dan kecantikan perwajahan kota Jayapura tercinta.

Kegiatan ini adalah dalam rangka untuk mendukung dan menyukseskan program Pemerintah Kota Jayapura yang telah melaunching Gerakan Menanam Sejuta Bunga dan Pohon, Jumat (5/8/2022).

Hal ini sebagaimana diungkapkan oleh Ketua Panitia Pembersihan Taman dan Penanaman Bunga Yayasan As Salaam, ibu Hasnaeni, SE.

“Kegiatan ini diawali dengan kita ikut apel pencanangan Gerakan Menanam Sejuta Bunga dan Pohon Bersama Pejabat Walikota Jayapura di Taman Imbi, kemudian kami mendapatkan puluhan bibit tanaman itu yang kami bawa ke lokasi taman yang ditugaskan kepada kami di seberang jalan TKIT dan LAZ As Salaam Jayapura,” ungkap ibu yang biasa disapa dengan panggilan bu Ninik ini.

Menurut Bu Ninik kegiatan ini melibatkan para pegawai Yayasan, guru dan tenaga Pendidikan dari TKIT, SDIT dan SMP IT, dan juga para pegawai LAZ As Salaam Jayapura.

“Melalui kegiatan ini, Yayasan As Salaam Jayapura ingin mendukung upaya Pemerintah Kota Jayapura untuk menghadirkan taman-taman kota yang indah dan asri sekaligus sebagai ruang-ruang terbuka hijau untuk menjaga kualitas udara yang segar di Kota Jayapura tercinta ini,” tambah bu Ninik.

Sebelumnya, Pejabat Walikota Jayapura telah mencanangkan Gerakan Menanam Sejuta Bunga dan Pohon di titik nol kilometer Kota Jayapura, yakni di Taman Imbi pada hari Jumat (5/8/2022). Pencanangan ini kemudian diikuti oleh seluruh organisasi perangkat daerah (OPD), paguyuban, Yayasan, dan berbagai sekolah untuk turun membersihkan taman-taman kota dari wilayah batas Kota di Waena hingga Gedung Negara di Dok 5 Jayapura. Semuanya antusias terlibat dalam aksi serentak membersihkan taman dan kemudian menanaminya dengan sejuta bunga dan pohon.